Wednesday 13 February 2013

Liga Champions Gol Telat Hummels Bikin Shakhtar vs Dortmund Berakhir 2-2

Donetsk - Kemenangan Shakhtar Donetsk yang sudah di depan mata buyar akibat gol Matts Hummels di menit-menit akhir yang membuat Borussia Dortmund pulang dengan hasil imbang 2-2.

Dalam laga leg pertama babak 16 Besar Liga Champions di Donbass Arena, Kamis (14/2/2013) dinihari WIB, Shakhtar unggul lebih dulu lewat Darijo Srna dan kemudian disamakan Robert Lewandowski.

Shakhtar berbalik unggul lagi lewat Douglas Costa di babak kedua sebelum Hummels membuat skor jadi imbang dari golnya di dua menit jelang laga usai.

Dengan hasil imbang 2-2 ini Dortmund yang gantian jadi tuan rumah di Signal Iduna Park pada 5 Maret lebih diuntungkan. Skor imbang 0-0 atau 1-1 cukup meloloskan mereka ke perempatfinal.

Jalannya Pertandingan

Dortmund mendapat peluang pertama di menit ke-8 setelah akselerasi Mario Goetze diakhiri dengan umpan tarik ke kotak penalti tapi tembakan Jakub Blaszczykowski masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Di menit 17 Dortmund kembali mengancam setelah korner Marco Reus disambut sundulan Mats Hummels tapi bola masih menghantam mistar.

Setengah jam laga berjalan Shakhtar mampu memecah kebuntuan. Dari situasi free kick, Srna melepaskan tembakan melengkung ke pojok kiri atas gawang dan tak mampu dihadang Roman Weidenfeller.

Di menit 33 Taison memberi Shakhtar peluang setelah assist-nya mencapai Luiz Adriano di kotak penalti, tapi Marcel Schmelzer mampu menghadangnya.

Dortmund mendapat gol penyama kedudukan di menit 41 lewat Lewandowski setelah tembakannya di dalam kotak penalti menembus jala Pyatov setelah sebelumnya bola membentur badan serta kepalanya.

Shakhtar nyaris unggul lagi di masa injury time setelah Alex Teixeira menembak bola ke arah gawang usai blunder Weindenfeller, tapi Schmelzer dengan sigap menghalaunya di garis gawang.

Skor 1-1 jadi penutup laga babak pertama ini.

Shakhtar di babak kedua mengambil inisiatif serangan dan di menit 52 mereka dapat peluang ketika Mkhitaryan bebas berada di kotak penalti usai mendapat umpan Adriano, tapi Felipe Santana dengan cepat menghalaunya.

Di menit 69 Shakhtar memimpin lagi berkat gol Costa. Berawal dari kesalahan Santana dan Hummels di lini pertahanan, bola liar disambar Costa lewat sepakan voli mendatar dan bersarang di pojok kiri gawang.

Akhirnya Dortmund mendapat gol kedua mereka sekaligus membuat skor menjadi imbang 2-2 hingga laga berakhir. Di menit 88 ketika korner Schmelzer disambut tandukan Hummels dari jarak dekat dan tak bisa dijangkau Pyatov.

Susunan Pemain

Shakhtar: Pyatov, Rat, Chygrynskiy, Rakitskiy, Hubschman, Fernandinho, Alex Teixeira (Eduardo 84'), Srna, Luiz Adriano, Mkhitaryan, Taison (Costa 62')

Dortmund: Weidenfeller, Piszczek, Santana, Hummels, Schmelzer, Kehl, Bender, Blaszczykowski (Leitner 80'), Goetze, Reus (Schieber 90'), Lewandowski

No comments:

Post a Comment