Thursday 14 February 2013



Liga Europa
Liverpool Dibekuk Zenit 0-2

St Petersburg - Liverpool gagal membawa pulang hasil positif dari lawatan ke Zenit St Petersburg, setelah The Reds mengakhiri 90 menit laga dengan kekalahan 0-2.

Dalam laga leg pertama babak 32 Liga Besar Europa di Petrovskiy Stadium, Jumat (15/2/2013) dinihari WIB, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Gol-gol kemenangan Zenit dibuat di 20 menit terakhir laga lewat Hulk dan Sergey Semak.

Dengan kekalahan ini maka Liverpool butuh kemenangan minimal selisih tiga gol di leg kedua yang dihelat di Anfield pekan depan demi menjaga peluang tetap tampil di kompetisi Eropa.

Jalannya Pertandingan

Di tiga menit pertama laga berjalan kedua tim sudah punya peluang berbahaya. Pertama Zenit di menit ke-2 setelah tembakan Aleksander Kerzakhov dari luar kotak penalti ditepis satu tangan oleh Pepe Reina.

Kemudian semenit setelahnya Luis Suarez yang mendapat bola terobosan dari Glen Johnson memasuki kotak penalti, usai mengecoh satu bek Zenit ia kemudian melepaskan tembakan kaki kiri tapi bola melenceng tipis di sisi gawang.

Setelahnya Liverpool lebih banyak ditekan dan sesekali melakukan serangan balik. Di menit kelima Hulk menggiring bola dari lapangan tengah tanpa tekanan, ia kemudian melepaskan tembakan mendatar dan keras yang ditepis Reina.

Suarez di menit 15 mendapat peluang lagi usai melewati hadangan Malafeev, tapi sayang Hubochan dengan cepat menghalau bola dari kaki Suarez yang sudah tinggal berhadapan dengan gawang kosong.

Di menit 26 Hulk mencuri bola dari penguasaan pemain Liverpool lalu ia melewati beberapa pemain sebelum akhirnya Jamie Carragher menghentikan laju pemain Brasil itu.

Dua menit setelahnya Hulk melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti tapi masih menghantam tiang.

Kembali Suarez menyia-nyiakan peluang yang jarang didapat Liverpool di laga ini setelah ada menit 40 ia menerima umpan tarik Joe Allen di depan gawang, tapi bola hasil tembakannya malah menyamping dari sasaran.

Tiga menit selepas restart Liverpool coba mengambil inisiatif serangan dan tembakan keras Johnson masih bisa diredam Malafeev.

Sejam laga berjalan Suarez kembali dapat peluang dan seperti ketiga peluang sebelumnya, ia gagal menuntaskan jadi gol setelah bola hasil tembakannya melenceng dari sasaran.

Zenit akhirnya memecah kebuntuan di menit 69 ketika tembakan keras Hulk dari luar kotak penalti menaklukkan Reina dan bikin Liverpool tertinggal 0-1.

Tiga menit setelahnya Semak menggandakan keunggulan lewat Semak. Crossing Igor Anyukov disambar Semak dari jarak dekat dan bola tak bisa dihadang Reina, Liverpool tertinggal 0-2.

Tak ada lagi gol tercipta sehingga skor tersebut tetap bertahan untuk kemenangan Zenit.

Susunan Pemain

Zenit: Malafeev, Anyukov, Lombaerts, Luis Neto, Hubocan, Shirokov, Denisov, Witsel, Danny (Semak 53'), Kerzhakov (Faizulin 82'), Hulk

Liverpool: Reina, Johnson, Skrtel, Carragher, Enrique, Allen, Henderson, Gerrard, Downing, Suarez, Sterling (Lucas 78')

No comments:

Post a Comment