Monday 7 July 2014

Keutaman Bulan Ramdhan

 

 hai guys kita udah memasukin bulan Ramadhan nih, sudah saatnya kaum muslim menuju ketaqwaan, jalan menuju kemenangan.

bulan ramadhan di sebut juga bulan penuh berkah, mengapa? karena setiap amalan yang kita lakukan insya allah mempunyai nilai lebih di sisi allah SWT. dan masih ada yang lainya.

yang kita bahas kai ini keutamaan bulan ramadhan di banding bulan bulan lainnya, apa saja yuk kita bahas, 
>>>
>>
>

1. Ramadhan jalan menuju ketaqwaan

Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian puasa sebagaimana diwajibkan atas kaum sebelum kalian, agar kalian bertaqwa”. (Al Baqarah: 183).

Ayat di atas menerangkan bahwa puasa adalah sebab yang bisa mengantarkan pelakunya menuju ketaqwaan, karena puasa mampu meredam syahwat.bagaimna bisa terjadi? jelas ini bisa terjadi, karena di bulan ramadhan ini kita di tuntuk tidak hanya menahan diri dari haus dan lapar, tetapi kita di tuntuk lebih dari itu, di keseharian mungkin kita di uji untuk menahan pandangan dan hawa nafsu, dan di akhir bulan kita di tuntut untuk mengeluarkan sedikit rezeki dari yang kita miliki yaitu zakat fitrah.

2.Puasa Ramadhan menumbuhkan sifat amanah

Wahbah Zuhaili dalam bukunya Al Fiqh Al Islami berpendapat bahwa puasa mengajarkan rasa amanat dan muraqabah di hadapan Allah Ta’ala, baik dengan amalan yang nampak maupun yang tersembunyi. Maka tidak ada yang mengawasi seseorang yang berpuasa agar menghindari hal-hal yang dilarang dalam berpuasa kecuali Allah Ta’ala.

3. Puasa Ramadhan melatih kedisiplinan

Puasa juga melatih kedisplinan, Wahbah Zuhaili menjelaskan bahwa seorang yang berpuasa harus makan dan minum dalam waktu yang terbatas. Bahkan dalam berbuka puasapun harus disegerakan. selain itu kita juga dapat belajar mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

4. Puasa Ramadhan menumbuhkan rasa solidaritas sesama muslim

Wahbah Zuhali juga menjelaskan bahwa puasa Ramadhan menumbuhkan rasa solidaritas di antara sesama muslim. Pada bulan ini semua umat Islam, dari timur hingga barat diwajibkan untuk menjalankan puasa. Mereka berpuasa dan berbuka dalam waktu yang sama, dikarenaka mereka memiliki Rabb yang satu. selain itu pasti juga banyak dari kita yang menjalankan buka bersama dengan orang orang kurang mampu ataupun anak yatim.

5. Puasa Ramadhan melatih kesabaran

Bulan Ramadhan adalah bulan puasa di mana pada siang hari kita diperintahkan meninggalkan makanan yang asalnya halal, terlebih lagi yang haram. Begitu pula di saat ada seseorang mengganggu kita. Rasulullah Saw. bersabda: “Bila seseorang menghina atau mencacinya, hendaknya ia berkata 'Sesungguhnya aku sedang puasa." (HR. Bukhari)

6. Puasa Ramadhan menyehatkan

Rasulullah bersabda: ”Berpuasalah, maka kamu akan sehat” (HR. Ibnu Sunni), ada yang menyatakan bahwa hadits ini dhoif, akan tetapi ada pula yang menyatakan bahwa derajat hadits ini sampai dengan tingkat hasan (lihat, Fiqh Al Islami wa Adilatuh, hal 1619).
Tapi makna matan hadist bisa tetap diterima, karena puasa memang menyehatkan. Al Harits bin Kaldah, tabib Arab yang pernah mengabdi kepada Rasulullah Saw. juga pernah menyatakan:”Lambung adalah tempat tinggal penyakit dan sedikit makanan adalah obatnya”.

pasti banyak yang tidak percaya, tapi menurut penelitian ini benar mampu dan insya allah dapat menyebuhkan penyakit.

7. Lailatul Qadar adalah hadiah dari Allah untuk umat ini

Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al Muwatha’, dia telah mendengar dari seorang ahlul ilmi tsiqah yang telah mengatakan: “Sesungguhnya telah diperlihatkan usia-usia umat sebelumnya kepada Rasulullah Saw., atau apa yang telah Allah kehendaki dari hal itu, dan sepertinya usia umat beliau tidak mampu menyamai amalan yang telah dicapai oleh umat-umat sebelumnya, maka Allah memberi beliau Lailatul Qadar yang lebih baik daripada seribu bulan.” (HR. Malik).

8. Ramadhan bulan ampunan

Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan, Rasulullah Saw. bersabda: “Dan siapa yang berpuasa Ramadhan dengan didasari keimanan dan pengharapan ridha Allah, diampunkan untuknya dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari)

nah guys itu kurang lebihnya keutamman ramadhan dari banding lainnya,
sekarang bagaimana? semakin semangat kan puasanya?
Marhaban Ya Ramadhan Guys..

See you Next Post :)




No comments:

Post a Comment